Iklan

KESABARAN MENGGAPAI HASIL (PERJANJIAN SMS BERDARAH)




hari ini memang penggemblengan mental. besok pagi merupakan hari bahagia temen kita Binti Mukaromah. hari pernikahan yang tepat tanggal 1 juni 2013. belum ada kesimpulan ini mau kesana atau tidak? sedangkan aku udah jauh-jauh hari mengingatkan untuk datang kesana karena semua temen sekelas di undangi untuk dateng ke pesta pernikahannya binti yang asli daerah Pati kecamatan kayen desa sumbersari.

semua pada bingung karena pada kerja semua. dan memang kuliah udah libur tenang menjelang UAS tanggal 10 juni ntar. aku binggung karena sms yang aku sebarkan untuk minta pendapat baiknya bagaimana untuk pernikahan binti gak ada respon, kalaupun ada respon bingung karena terbentur jadwal kerja.

bermain intuisi, aku memutuskan untuk melobi satu persatu temen-temen dengan memanfaatkan sms untuk mengkomunikasikan sebuah kesepakatan bagaiman baiknya ini. gak mungkin aku mengkumpulkan temen-temen di waktu liburan kayak gini. sedangkan yang sudah-sudah, temen-temen yang sudah menikah pasti dateng untuk memberi selamat , masak ini gak?walaupun binti gak mengharapkan untuk datang karena maklum jarak semarang pati itu jauh tapi ini demi sebuah kebersamaan dan ajang silaturrahim ya harus aku gerakkan kesadaran temen-temen sebagai tanggung jawabku sebagai komting.

aku duduk diteras depan rumahku aku saat jam menunjukkan jam 5 sore aku lempar sms ke semua tenanger.
"bro, kaerena besok nikahannya binti, dan juga ssekelas diundangi semua, gimana nih besk kita berangkat gak ke pati kita kondangan disana? karena yang sudah-sudah juga kalo ada temen yang lagi susah atupun senang kita selalu menjaga kebersamaan baiknya ini gimana?"

aku lempar sms ke semua temen-temen dengan kata sapaan "Bro" sebagai bentuk persuasifku secara personal, walaupun sms aku lempar secara berjama'ah membabibuta, agar kesanya aku melobi peranak.

gempar..

berbagai jawaban pun muncul, hanya sebagian kecil yang menyatakan sanggup berangkat. abi, amenk, anis, anam, okto yang menyatakan siap berangkat. yang lain pada halangan. macem-macem alasannya mulai gak ada motor, kerja, mudik, nganterin mertua dan lain-lain. untungnya gak ada kata-kata "woles bro" nek ada langsung tak replay "NDAASMU WOLES.....!" keadaan kayak gini woles.

di balik kegelisahanku menunggu kepastian, datanglah sebuah peri penolong yaitu doraemon.hehe.... kesane dobol banget aku.

ada yang ngasih saran untuk kolektifan patungan berapa gitu terus perwakilan berangkat ke binti dari kelas.

huuuuufffth.....bingung bray, itu aku masih berpikir karena juga aku udah memesan kado biar kelihatan pantes gimana. apa aku harus menuruti egoku memaksa untuk temen-temen hadir di pati karena yang sudah-sudah selalu hadir, seperti dipernikahannya tia yang kebetulan merid dismester 1 dan rama di smester 2. kelihatannya kok gak adil karena semua bisa dateng tapi ini kok gak bisa. mencoba tenang aku motor-motoran dulu dah karena rumah juga gak ada makanan, tak ke rumahnya amenk. cari makan.

sesampainya disana, amenk udah berangkat kerja.hmmmmm....
aku bingung gak enak ma amenk. uang hanya cukup untuk beli rokok pula....hmmmmmmm.... kereeeeee-kereeeeee........
ngobrol sejenak ma bapaknya amenk, aku memutuskan untuk pergi ke mak likku untuk makan disana. sesampainya disana juga sama, hanya ada sambal tok. untungnya di kulkas ada telur 1 biji. pas buat aku goreng dah.
untung adanya telur, coba kalo rumput, bisa-bisa yang aku makan itu saking laparnya ingin makan.hmmmmmm


selesai makan aku pamit ke rumah ali, masih dengan peperangan argumen temen-temen yang belum menghasilkan titik temu. tak tinggal ngopi saja lah.

sesam[pai dirumah ali yang tak jauh dari rimah mak likku yang masih satu desa ma aku juga dekat rumah amenk. kalo dari rumah amenk jalan sedikit kebarat. dan aku harus bertrimakasih pada tuhan karena gak harus aku melewati gunung lewati lembah untuk sampai dirumah ali.

jam 22.06 ervan menelponku untuk memperjelas sebuah kesimpulan yang mengambang. ada berbagai alasan memang temen-temen gak bisa hadir karena binti juga agak kurang bergaul sama temen-temen. mangkanya temen-temen lebih mementingkan  pekerjaannya masing-masing. aku sadar itu apa yang diucap ervan ada benernya jugfa. binti memang tipikal pendiam dikelas. terus aku juga menawarkan seumpama kolektifan gimana? klarena aku juga gak mau memaksa untuk menyatakan berapa iuran untuk kondangan. ervan dengan kemantapannya dia bilang 20 ribu, dia akan bantu nariki ntar nek masuk kuliah. umtuk nomboki sementara meh ditransfer dengan uangnya dulu. aku bilang ya ntar dulu aku udah beli kado untuk perwakilan dari uang anak-anak yang aku ambil dari kas kelas.

ervan menimpali tetep anak-anak harus ditariki  untuk kolektifan. dia berani bertanggung jawa nariki biar sekiranya pantes untuk binti. kalo 20 ribuan ka keluarnya udah cukuplah untuk mewakili anak-anak sekelas. ambil yang aktif berangkat kuliah saja. aku masih mikir lagi. ya bener juga sih nek kado tok yo gak pantes mewakili ana-anak yang jimlahnya ada 30 orang lebih.


spekulasi. tak lempar sms lagi ketemen-temen sebagai sebuah penawaran kesimpulan sementara dan sebagai langkah hati-hati dana talangan yang di ambilkan dari kas. karena anak-anak juga gampang-gampang angel.


" ki karang do njaluk kolektifan,nggko aku sing mangkat makili cah2 mgkt ne binti, lha kesepakatane kolektifan 20rbuan pye mrutmu?"
dengan awalan nama panggilan masing-masing ku sebut namanya. dan ku kirim ke semua temen-temen sesuai namanya dengan mengedit terlebih dahulu. yah untuk langkah antisipasi, dan juga sebagai kepastian keikhlasan dari semua temen-temen. walaupun capek juga gak apalah yang penting hasilnya.


balesan pertama aku dapat dari topik jam 22.19
"Oke karaoke ,Talangi sik yo ,pie?"
alhamdulillah koe ra ngajak aku chek in ndez....! tak bisa aku membayangkan kalo itu terjadi.

jawaban kedua aku dapat dari antik jam 22.23
"ok klo bgtu ndanq ya gk enak jgaa cz gk bsa ksnaya alhamdulillah klo smpyan meh  rono kn itung2 mewakilli cah2 drpda gk da  yg ksna sma skli"
biasanya juga gitu woles ngapa. hehe.....


jawaban ketiga aku dapat dari ades jam 22.27
"yo"
singkat jelas dan padar.


jawaban keempat aku dapat dari tisna jam 22.30
"ea blh tu ms, msag km doank ms? trz ksi duit'a gmn?"
ea-ea...hmmmmm.....

jawaban kelima dari agung jam 22.30 
"y gpopo. aku manut"
nek tak cemplungke kali koe pok meh manut gung????hehe....

jawaban keenam aku dapatkan dari lutfi jam 22.34
"yo gpp ms,,q manut aj...

ms kmnksi bsns d kmplke kpn ???
lutfi"
kombis meneh. padahal wis tak kandani nganti lambeku coplok lho... untung koe ayu luth. nek ora pora aku ngucap "NDAAASMU...,.!"
hehehe....


jawaban kerujuh, aku dapatkan dari dedek jam 22.39
"msnot wae lah"
nek aku ngincer putri adikmu manut ra dek????hehe.....



jawaban ke delapan, dari magi jam 22.40
"ok mas bro..he.. anda sangat jozz.."
jozz...ndasmu mag, pegel jempolku sms ket mau.hmmmmmmm.........



jawaban ke sembilan, dari edi jam 22.43
"Kalau aq setuju,kalau yg lain aq ra gerti"
aku tekon opo, jawabane opo. hmmmmm,,,, ra popo lah penting gelm

jawaban kesepuluh, dari supri jam 2222.49
" Makcudte iuran 20rb"n ngono po trus kmu seng mangkat?"
pertanyaan bodoh. wis jelas nek di wakili kok kedawan ayat, walapun begitu aku masih bersabar memberi penjelasan dan akirnya jawabane "yo manut"..sup sip mungguh koe wedok wis tak cipok.....



jawaban ke sebelas aku dapat diari yoyok jam 22.50
"aq sih manot ae mz,kan awake dwe ngamal podoae toh,lha ngeine duwete kpan mz"
nggeh ustadz......



jawaban ke dua belas dari sandi jam 22.52
"y oke bro"
untung koe ga jawab ya wole bro. mungguh jawab ngono ta bales "NDAASMU..."hehe....



jawaban ke tiga belas dari rudi, jam 22.53
"Yowes nek menurut ane sh cukuplh tpi blm tentu yg lain mau sgitu,..!
Mang kpn mau umpulin uangnya konfirmasi yg lain mau pa ga sgtu!!"
cakep...! ide bagus rud....



jawaban ke empat belas dari tiwi. jam 22.59
"Lah cah2 ws do ngrti drung ..wedine ngko salah2an meneh ..ngrti dewe kn cah2 piye.."
iyo aku paham, wis tak jagani nganti tak ati-ati koyok ngene lho cah ayu..sbar...sabar...walaupun akhire jawabane manut.



jawaban ke lima belas, ari jam 23.16
"yo"
ambek blibet.




jawaban ke enam belas. widya. jam 23.27
"yo"

jawaban ke tujuh belas dari lila jam 23.40
"ea ms terserah u"
untung gak ono kata aku pasrah. nek pasrah tak pakake paus koe nok.hahaha....
:D

dan jawaban ke tujuh belas aku dapat dari danang jam 4.40

"yo gan ikut"
yah begitulah lika liku menjadi komting. tak jagani lagi dengan nada tinggi aku sms.
"Iyo.. Ngko t talangi sko duit kas, ngko nek mgkt kul,mbayare kro ervan y.

biar lebih mantap dan serempak jawab
"oke ndan"

perjanjian sudah di buat sampai aku memposting ini aku gak tidur demi tanggung jawabku...

semarang, sabtu legi, 1 juni 2013
LihatTutupKomentar

Iklan