Selasa, Juni 11, 2013

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT POLA CELANA PANJANG



Pola celana, untuk membuat pola celana panjang, bagian-bagian badan yang akan kita ukur adalah:
Panjang celana, ukuran diambil dengan mengukur jarak dari pinggang sampai mata kaki, atau disesuaikan dengan keinginan pemesan.

Lingkar pinggang, ukuran diambil dengan mengukur mengelilingi pinggang diukur dengan pas atau boleh juga sedikit dibawahnya disesuaikan dengan keinginan.
Lingkar pasak, ukuran diambil dengan cara mengukur dimulai dari batas pinggang belakang, melewati selangkangan hingga batas pinggang depan. Adapun batas pinggang adalah posisi batas celana ketika dipakai, hal ini tentunya tergantung dari kehendak sipemesan bisa pas atau sedikit dibawah pinggang.
Lingkar paha, ukuran diambil dengan mengukur keliling pangkal paha, lalu ukuran ditambah antara 4 - 10 cm, tergantung model celana panjang yang akan kita buat.
Lingkar panggul, ukuran diambil dengan nengukur keliling panggul yang terbesar, ditambah antara 4 -10 cm, tergantung kelonggaran serta model celana yang akan dibuat.
Panjang lutut, ukuran diambil dengan cara mengukur jarak dari pinggang sampai batas lutut. Pengertian pinggang bisa sedikit dibawah pinggang yang sebenarnya disesuaikan dengan posisi celana yang akan dibuatnya.
Lingkar lutut. diukur keliling lutut, ditambah antara 4 - 10 cm, tergantung model celana yang akan dibuatnya.
Lingkar ujung bawah celana, diukur sesuai model celana atau sesuai keinginan pemesan.


LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT POLA CELANA PANJANG

POLA UNTUK BAGIAN DEPAN












href








POLA DEPAN MERUPAKAN DASAR PATOKAN UNTUK MEMBUAT POLA BELAKANG