Iklan

RESTORASI ROCK N ROLL


Sudah lama aku ga nge-Blog lagi. banyak sekali aku bertemu dengan hal-hal yang tidak aku duga sebelumnya. Mulai dari ketemu dengan urusan yang seharusnya tidak aku pikirkan. mencari perkara unuk sekedar menjadi pahlawan kesianagn.hehe...

Rasa syukurku tanpa aku rasa tergerus oleh rasa mentargetkan diri. Padahal secara sadar atautidak sadar itu semua menjadi sebuah belenggu pikiran.

Aku kangen dengan msik Rock. musik yang keras dengan hentakan yang bersemangat. Identitasnya pun gampag dikenali dengan corak kebebasannya dalam berekspresi. aku ajak semua Loyalis untuk selayang pandang mengenal musik Rock.



---@<3<3@---


Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

Musik Rock adalah salah satu genre dalam khasanah musik populer dunia yang biasanya didominasi oleh vokal, gitar, drum, dan bas. banyak juga dengan penambahan instrumen seperti keyboad, piano maupun synthesizer. Musik rock biasanya mempunyai beat yang kuat dan didominasi oleh gitar, baik elektrik maupun akustik.

Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. Disamping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rock "mempunyai tiga chords, bakcbeat yang konsisten dan mencolok dan melody yang menarik".

Pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musik rock berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. Juga di tahun 70an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang mencuat ditahun 80an termasuk New Wave, hardcore punk dan alternative rock. Pada tahun 90an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal.

Sebuah kelompuk pemusik yang mengkhususkan diri memainkan musik rock dijuluki rock band atau rock group (grup musik rock). Rock group banyak yang terdiri dari pemain gitar, penyanyi utama (lead singer), pemain gitar bass, dan drummer (pemain drum), membentuk sebuah quartet. Beberapa group menanggalkan satu atau dua posisi diatas dan/atau menggunakan pennyanyi utama sebagai pemain alat musik disamping menyanyi, membentuk duo atau trio. Group lainnya memiliki pemusik tambahan seperti dua rhythm gitar dan atau seorang keyboardist (pemain kibor). Agak lebih jarang, penggunaan alat musik bersenar seperti biola, cello atau alat tiup seperti saksofon, terompet atau trombon.

Pondasi dari musik rock adalah rock and roll dan rockabilly di era 50an. pada akhir 60an banyak terjadi percampuran genre musik lain dengan musik rock. Musik folk bercampur menjadi Folk Rock, Musik blues bercampur menjadi Blues Rock dan musik jazz menjadi Jazz-Fussion Rock. Dan pada tahun 70an rock berkembang menjadi beberapa subgenre seperti soft rock, hard rock, heavy metal dan punk. Di era 80an berkembang lagi beberapa subgenre seperti glam metal, synth rock, trash metal, hardcore punk, alternative rock. Di era 90an subgenre baru yaitu grunge style rock, britpop, indie rock, piano rock dan nu metal.




---@<3<3@---




Aku sedikit banyak terinspirasi oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi Widodo yang sangat kental jiwa Rock nya. Masa kecil Jokowi tidak semata susah, tapi juga penuh warna, terutama bila sudah berbicara musik. Pria kelahir­an Surakarta, 21 Juni 1961, ini pencinta musik rock. Ia bah­kan menghabiskan berjam-jam masa kecilnya menonton latihan grup Trencem yang po­puler di Solo.

Layaknya pecinta musik rock, Jokowi suka berteriak-teriak mengikuti band idolanya. Tidak sebatas mengikuti lagu, ia pun memajang poster dan memanjangkan rambut. Penggemar Led Zeppelin dan Lamb of God ini juga berniat mengundang Lamb of God tampil dalam Rock in Solo.

Musik rock ternyata bukan sekadar hobi. Jenis musik ter­sebut ternyata menjadi semangat dan filosofi dalam kehidupan peraih penghargaan wali kota terbaik 2009 itu.

Bagi Jokowi, mendengar mu­sik rock sama dengan mem­bangkitkan motivasi dan spi­rit. Roh musik rock yang ber­prinsip pendobrak dan meng­utamakan nilai kemanu­siaan menginspirasi pada gaya kepemimpinan Jokowi. Sebagaimana diketahui khalayak, gaya kepemimpinan Jokowi sa­ngat berbeda dengan keba­nyakan pemimpin. Jokowi me­nabrak semua peraturan pro­tokoler.

Misalnya, proses pembuatan KTP yang semula dua minggu menjadi 1 jam. Begitu pula izin usaha yang sedianya sampai delapan bulan dipangkas hingga enam hari.

Meskipun bukan pemain mu­sik, Jokowi menjadikan musik rock menjadi sebuah filosofi. Tagline ‘Bekerja dengan Hati dan Senyum’, menurut Yon, se­jatinya karena Jokowi memahami jiwa musik rock.
Dalam buku ini, Yon menuliskan makna musik rock untuk Jokowi. “Musik rock adalah kebebasan. Musik rock itu lirik­nya liar, tegas, semangat, dan mampu menjadi pendobrak perubahan,” kata Jokowi.

Pengalaman masa kecilnya yang sempat mengalami penggusuran ternyata memberikan pengaruh dalam keputusannya melakukan relokasi pedagang kaki lima (PKL). Dalam pemberitaan banyak satuan polisi pamong praja (satpol PP) melakukan kekerasan dalam pemindahan. Itu berbeda dengan di Solo.
Jokowi berhasil memindahkan PKL tanpa menggunakan jasa satpol PP. “Tak ada keke­rasan di sana. Jokowi bahkan tak memakai satpol PP untuk mengejar-ngejar pedagang se­perti yang umumnya kita li­hat di TV. Dia mengubah citra garang satpol PP menjadi be­kerja dengan hati dan senyum, bukan membawa-bawa pentungan selalu,” kata Yon.

Ia juga membuka pintu gerbang rumah dinasnya sehingga masyarakat bisa berbincang de­ngan dirinya tanpa perlu mem­buat perjanjian sebelum­nya.

Sikap rendah hati Jokowi ti­dak hanya berlaku pada masyarakat. Dia juga dekat dengan orang-orang di sekitarnya, ter­utama ibunya. Setiap pagi Jokowi selalu menyempatkan ke rumah ibunya untuk minta restu. Sang ibu tinggal tak jauh dari rumah dinasnya.

Ketika sedang bepergian ke luar kota, Jokowi memilih untuk berbagi kamar dengan ajudannya. Meski awalnya risih, sang ajudan akhirnya menurut. Apalagi setelah Jokowi me­ngatakan semua agenda be­rikut telepon selulernya ada pada sang ajudan. Jadi me­nurutnya akan lebih praktis kalau ajudannya ada bersama dengannya terus. Lagi pula ini menghemat biaya.

========================================================================

Sungguh tak bernilai harganya sebuah contoh yang nyata dimana makna kata Restorasi itu sendiri adalah pemulihan seperti semula, atau bahasa agamnya lebih sering disebut dengan khitoh. pondasi yang sering kali aku lalai dalam diriku yang secara tak sadar terbelenggu dalam pusaran belenggu pikiran yang melupakan syukur, ikhlas dan juga sabar dalam ikhtiar.

Restorasi Roc N Roll dalam versiku dan juga pemahamanku Berani Jujur, Berani Galau, Berani Memberontak dalam artian sebenarnya dalam kebaikan menurut norma yang ada. dan RASIONAL SEBAGAI MANUSIA

Galau itu sebagian dari iman.

RESTORASI ROCK N ROLL SEGERA YA TAMAMI....
^_^
LihatTutupKomentar

Iklan